Aku hanya orang bodoh

"Bicara Pada Cermin"
Saat hati yg disentuhnya, saat iman jadi landasannya, saat Aqidah jadi alasan.
Saat kedangkalan ilmu dideritanya, saat emosi/amarah/berbalut nafsu memaksakan kehendak menguasai seluruh degup jantung dan aliran darahnya.
........
Siapa yg tak takjub dibuatnya, siapa yg tak tersentuh hatinya, siapa yg tak gemetar tangannya..
Ingin segera menghunus pedang dari sarungnya...
........
Tapi aku lupa...
Aku hanya org awam yg tak tau apa2..
Aku yg begitu gampang terpengaruh oleh informasi yg tertangkap oleh mata dan telinga tanpa mendengar pendapat bijak orang lain.
Aku yg sudah terlanjur mendidih darah ini untuk membelanya...
........
"Fitnah" berupa status/berita penuh provokasi silih berganti menghiasi dinding berandaku yg bodoh ini.
........
Al-Faqir ini tak begitu dalam mengkaji sastra, dan tak begitu mengerti tentang tafsir. Ulum al-qur'an, asbab nuzul, ayat muhkamat atau mutasabihat, dsb.
Apalagi mantiq, balaghah, sebgai syarat mutlak untuk menafsirkan ayat, sungguh begitu miskin diri ini tentang ilmu trsebut.
Aku juga bukan termasuk org yg tsiqah, bukan juga org yg Dhabt.
Aku yg bodoh ini tak begitu banyak menghafal hadits, juga tak begitu mengerti tentang asbabul wurud, jarh wa ta'dil, takhrij hadits, nasakh mansukh, dsb.
........
Ilmu yg ku kaji hanya sebatas ibadah, tauhid, tak sampai ke ranah hukum. Hanya bermodal kitab tadzhib, dan bulughul maram yg tak khatam. Tafsir jalalain, ikhya' ulum al-din, bidayatul hidayah, mukasyafah al-qulb yg tak khatam. Muhtarul Khadits, Al-Hikam, Taqrib, arbain nawawi, riyadus shalihin, Jawahirul bukhari yg juga tak khatam.
........
Aku juga tak begitu pandai berbahasa arab, aku yg hanya mampu memberikan makna setiap kata yg di sampaikan Guru, Ustadz dan Kiai yg mengampunya saat di pesantren.
........
Aku bukan org yg suci yg mampu memfatwakan sesat org lain. Aku juga bukan org yg piawai mengkaji sejarah islam, Umayah, abasiyah, sirah nabawiyah, sejarah islam nusantara. Dsb
Aku juga bukan org yg mengerti siasyah, politik sehingga aku begitu lugu dan begitu mudah terperalat oleh kepentingan mereka.
Begitu mudah terbawa isu hanya dgn membaca satu atau dua postingan provokatif.
.........
Aku juga tak begitu mengerti tentang informasi online, mana yg terpercaya, mana yg hoax, mana yg cari rating, mana yg hanya cari popularitas, mana yg bersponsor, mana yg menuai dolar, mana yg tidak. Aku begitu bodoh tentang media online.
.........
Tapi InsyaAllah aku Bukan Orang Gegabah yg selalu nge-SHARE setiap postingan org yg tak kukenal dan tak ku ketahui kredibelitasnya.
#lindungi hamba dari "fitnah" akhir zaman.
*fitnah dgn pengertian yg sebenar-benarnya.
Aku hanya orang bodoh Aku hanya orang bodoh Reviewed by As'ad on November 08, 2016 Rating: 5

2 comments:

  1. Replies
    1. :-) saya juga gak tau apakah cara berislamku sudah benar atau belum..
      Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya..

      Delete

Komentar