Metode Targhib dan Tarhib Dalam Pendidikan Islam

Apa sich pengertian Targhib wa Tarhib? Bagaimana jika dipakai sebagai metode pembelajaran? Targhib adalah janji yang disertai bujukan dan rayuan untuk menunda kemaslahatan, kelezatan dan kenikmatan. Namun, penundaan itu bersifat pasti, baik dan murni, serta dilakukan melalui amal saleh atau pencegahan diri dari kelezatan yang membahayakan (pekerjaan buruk). Yang jelas semua, dilakukan untuk mencari keridhaan Allah dan itu merupakan rahmat dari Allah bagi hamba-hamba-Nya.
Sedangkan Tarhib adalah ancaman atau intimidasi melalui hukuman yang disebabkan oleh terlaksananya sebuah dosa, kesalahan atau perbuatan yang telah dilarang Allah. Selain itu juga karena menyepelekan pelaksanaan kewajiban yang telah diperintahkan Allah.
Tarhib pun dapat diartikan sebagai ancaman dari Allah untuk menakut-nakuti hamba-hamba-Nya melalui penonjolan salah satu sifat keagungan dan kekuatan ilahiah agar mereka teringatkan untuk tidak melakukan kesalahan dan kemaksiatan. Nah, Bagai mana jika Rayuan Dan Ancaman dipakai dalam upaya pendidikan. Temukan Referensinya dengan Men-Download beberapa Bab di bawah ini:

  1. Bab I
  2. Bab II
  3. Bab III
  4. Bab IV
  5. Bab V
Metode Targhib dan Tarhib Dalam Pendidikan Islam Metode Targhib dan Tarhib Dalam Pendidikan Islam Reviewed by As'ad Al-Tabi'in Al-Andalasi on October 22, 2011 Rating: 5

No comments:

Komentar